Alasan Mengapa Perusahaan Perlu Mengotomotisasikan Proses Administrasi Piutang


Seiring dengan perubahaan aktifitas bisnis di era digital, banyak perusahaan melakukan transformasi digital untuk mendukung aktivitas bisnis mereka.

Salah satu aspek transformasi digital yang penting untuk dilakukan adalah implementasi pembayaran online, terutama pada proses adminisitrasi piutang. Otomatisasi proses administrasi piutang dapat meningkatkan pelayanan dan kenyamanan para konsumen selama bertransaksi.

Kenapa Otomotatisasi Proses Administrasi Piutang Penting untuk Perusahaan?

Sebagai contoh, sebuah perusahaan distributor produk teknologi informasi dengan ribuan mitra dalam jaringannya harus mencetak ribuan invoice per bulannya untuk para distributor, pengecer, dan perusahaan lain. 

Karena banyaknya invoice yang harus dikeluarkan tiap bulannya dan dilakukan secara manual, perusahaan membutuhkan beberapa hari untuk menyelesaikan rekonsiliasi dan administrasi proses piutang mereka. Hal ini menyebabkan penundaan pengiriman barang kepada para pelanggannya. Proses administrasi piutang seperti ini tentunya kurang baik sehingga berdampak pada kepuasan para pelanggan.

Di lain pihak, perusahaan juga sering mengalami kendala pada proses rekonsiliasi dan administrasi piutang mereka, yakni data yang tersedia terkait pembayaran tidak terstruktur dan tidak informatif  dan tidak adanya informasi atau referensi invoice untuk pembayaran massal. 

Sebagai bagian dari upaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, perusahaan mencari cara untuk mempercepat dan mengotomatisasikan proses administrasi piutang mereka. DART menjadi solusi.


Apakah DART (Digital Accounts Receivables Tool)?

DART merupakan inovasi dari HSBC Indonesia untuk meningkatkan layanan kepada nasabah korporasi dan dapat diakses melalui laman web dan aplikasi android.

DART adalah platform manajemen invoice B2B yang memungkinkan perusahaan dan pelanggan mereka untuk bertukar informasi tentang tagihan yang harus diselesaikan dan melakukan pembayaran. Dengan demikian, perusahaan dapat mengelola invoice secara lebih efektif dan efisien, selain itu juga dapat membantu meningkatkan siklus modal kerja perusahaan.

Mengapa perusahaan memilih DART?

Dengan menggunakan platform DART, perusahaan dapat mempercepat waktu pemrosesan invoicing mereka secara signifikan.

  1. Mudah dan cepat: setiap bulan, perusahaan dapat mengekstrak ribuan invoice yang kemudian diunggah ke HSBCnet lalu diteruskan ke DART. Semua pembeli yang telah didaftarkan dapat melihat proses administrasi invoice mereka, melakukan pembayaran dan mengirim bukti bayar secara daring melalui platform yang ada.  
  2. Proses transparan dan mudah dipantau: DART mengintegrasi seluruh proses administrasi piutang perusahaan dalam satu platform digital. Platform ini memungkinkan perusahaan untuk melacak dan memonitor status invoice sehingga memberikan visibilitas lebih aktual kepada tim finance selama proses administrasi berlangsung.
  3. Mengurangi kompleksitas proses administrasi piutang: dana yang diterima dari pembeli akan secara otomatis direkonsiliasi dan dikreditkan ke rekening perusahaan, sehingga dapat menghilangkan proses verifikasi secara manual yuang sebelumnya ada.
  4. Dukungan bagi nasabah: kami juga melakukan pelatihan bagi para nasabah korporasi untuk menjelaskan lebih detil mengenai DART, serta untuk memastikan kelancaran implementasi dan penggunaan platform ini. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu menyelesaikan masalah yang timbul selama implementasi.

Anda meninggalkan situs HSBC CMB.

Perlu diketahui bahwa kebijakan situs eksternal berbeda dari syarat dan ketentuan situs serta kebijakan privasi kami. Situs berikutnya akan terbuka di jendela peramban atau bilah baru.

Anda meninggalkan situs HSBC CMB.

Perlu diketahui bahwa kebijakan situs eksternal berbeda dari syarat dan ketentuan situs serta kebijakan privasi kami. Situs berikutnya akan terbuka di jendela peramban atau bilah baru.