Privasi dan Keamanan

Pemberitahuan (Pemberitahuan Privasi) ini berlaku untuk data dan informasi pribadi yang disimpan oleh PT Bank HSBC Indonesia dan setiap anggota Grup HSBC (“Bank” atau “HSBC”). Hal Ini menjelaskan informasi apa yang kami kumpulkan tentang Anda, bagaimana kami akan menggunakan informasi tersebut, kepada siapa kami akan membagikannya, kapan kami akan mengungkapkannya, dan langkah-langkah apa yang akan kami ambil untuk memastikan informasi Anda tetap terjaga secara pribadi dan aman.

Prinsip-Prinsip Privasi Kami

Bisnis kami telah dibangun dengan kepercayaan yang terjalin antara kami dan para nasabah. Untuk menjaga kerahasiaan semua informasi yang Anda berikan kepada kami, berikut adalah prinsip-prinsip privasi yang kami terapkan:

  1. Kami hanya mengumpulkan informasi pribadi yang kami yakini memang terkait dan diperlukan untuk memahami kebutuhan keuangan Anda dan untuk menjalankan kegiatan usaha kami.
  2. Kami menggunakan informasi pribadi yang Anda berikan kepada kami untuk memberikan layanan dan produk yang lebih baik bagi Anda.
  3. Ada kalanya kami perlu memberikan informasi pribadi Anda kepada perusahaan dalam Grup HSBC atau agen lainnya, sepanjang diizinkan oleh undang-undang dan peraturan yang berlaku.
  4. Kami tidak akan mengungkapkan informasi pribadi Anda kepada organisasi eksternal manapun kecuali atas izin Anda atau apabila diwajibkan oleh undang-undang atau telah memberitahukan hal tersebut kepada Anda sebelumnya.
  5. Dari waktu ke waktu kami dapat mengungkapkan informasi pribadi Anda kepada Pemerintah atau badan pengadilan atau lembaga atau regulator kami, namun kami hanya akan melakukannya dengan ijin yang layak.
  6. Kami akan memastikan informasi pribadi Anda yang kami miliki adalah tepat dan terkini.
  7. Kami menerapkan sistem keamanan ketat yang dirancang untuk mencegah akses tidak sah atas informasi pribadi Anda oleh siapapun, termasuk oleh staf kami.
  8. Secara khusus kami mewajibkan seluruh perusahaan dalam HSBC Group, semua staf kami dan pihak ketiga yang memiliki izin dalam mengakses informasi Anda untuk mematuhi semua kewajiban kerahasiaan kami.

Dengan mempertahankan komitmen atas prinsip-prinsip ini, kami memastikan bahwa HSBC akan menghormati kepercayaan hakiki yang telah Anda berikan kepada kami.

Privasi Anda Penting bagi Kami

Bagian ini berisi uraian mengenai cara kami memperlakukan informasi pribadi Anda ketika Anda harus memberikan informasi tersebut saat mengunjungi situs ini.

Keamanan Data

  • Keamanan adalah prioritas utama kami. HSBC akan senantiasa memastikan bahwa data pribadi Anda akan dilindungi dari akses, pemrosesan atau penghapusan yang tidak sah atau tidak disengaja. Kami berkomitmen untuk menjaga keamanan data ini dengan menerapkan sejumlah langkah-langkah fisik, elektronik dan manajerial dalam menjaga dan mengamankan data pribadi Anda.
  • Wilayah aman dari situs web kami mendukung penggunaan protokol Secure Socket Layer (SSL) dan teknologi enkripsi 128 bit – sebuah standar industri enkripsi data yang dikirim melalui internet untuk melindungi data. Ketika Anda memberikan informasi yang bersifat sensitif misalnya informasi kartu kredit, maka sebelum dikirim secara aman melalui internet informasi tersebut otomatis akan diubah menjadi kode.
  • Server web kami dilindungi oleh “firewall” dan sistim kami diawasi untuk mencegah akses oleh pihak yang tidak berwenang. Kami tidak akan mengirimkan informasi pribadi kepada Anda melalui email biasa. Karena keamanan email biasa tidak dapat dijamin, Anda harus mengirim email kepada kami dengan menggunakan fasilitas email aman di situs web kami. Semua langkah yang memungkinkan akan diambil untuk memastikan bahwa data pribadi tidak akan disimpan lebih lama dari yang diperlukan dan bahwa Bank akan mematuhi semua ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia terkait dengan penyimpanan informasi pribadi.

Jaminan Keamanan

  • Baik Anda maupun HSBC berperan penting dalam perlindungan atas penipuan secara daring. Anda harus berhati-hati agar rincian rekening bank Anda termasuk ID pengguna (user ID) dan/atau kata sandi (passwords) Anda terlindungi dengan memastikan bahwa Anda tidak membagikan, memberikan atau memfasilitasi penggunaan yang tidak sah, baik secara sadar maupun tidak. Jangan membagikan ID pengguna dan/atau kata sandi Anda atau mengizinkan orang lain mengakses atau menggunakan ID pengguna atau kata sandi Anda. Kami berupaya menerapkan standar yang tinggi untuk melindungi kepentingan Anda. Walaupun kecil kemungkinannya, tetapi apabila terjadi transaksi yang tidak sah pada rekening Anda tanpa adanya tindak penipuan, kesalahan atau kelalaian dari pihak Anda, kami akan mengganti penuh kerugian yang Anda alami akibat transaksi yang tidak sah tersebut.
  • Anda harus menjaga ID pengguna dan kata sandi unik Anda dengan tetap merahasiakannya. Jangan pernah menuliskan atau membagikan kata sandi tersebut kepada siapapun. HSBC tidak akan pernah menanyakan kata sandi Internet Banking Anda, oleh karena itu dapat dipastikan bahwa Andalah satu-satunya yang mengetahui informasi ini. Saat Anda pertama kalinya membuat ID pengguna dan kata sandi unik, jangan menggunakan informasi yang mudah dikenali seperti tanggal kelahiran, nomor telepon atau bagian nama Anda yang mudah diketahui. Jika Anda pikir ID pengguna dan/atau kata sandi Anda telah diberitahukan kepada pihak ketiga, hilang atau tercuri dan transaksi tidak sah mungkin telah dilakukan, Anda bertanggung jawab untuk segera melaporkannya kepada kami.

Pengumpulan Informasi Pribadi

  • Penggunaan "cookies"

    Apabila diperlukan, kunjungan Anda pada situs ini akan disimpan untuk menganalisa jumlah pengunjung situs dan pola penggunaan umum. Beberapa informasi ini akan dikumpulkan melalui penggunaan "cookies". Cookies merupakan bit kecil informasi yang secara otomatis tersimpan di browser web seseorang yang ada dalam komputer mereka dan dapat diambil melalui situs ini. Jika Anda ingin menonaktifkan cookies ini, Anda dapat melakukannya dengan mengubah pengaturan di browser Anda.

  • Promosi Pemasaran

    Terkadang kami akan mengumpulkan informasi pribadi pengunjung situs ini dan individu yang berpartisipasi dalam kontes atau promosi (secara online atau melalui telepon, atau di salah satu cabang kami). Informasi tersebut dikumpulkan hanya dari individu yang secara sukarela memberikan informasi pribadi mereka kepada kami. Kami dapat menggunakan informasi ini untuk memberikan saran mengenai produk, layanan dan materi pemasaran lainnya, yang menurut kami akan menarik bagi mereka. Kami juga dapat mengundang pengunjung situs untuk berpartisipasi dalam penelitian pasar dan survei, dan kegiatan serupa lainnya.

    Anda dapat memilih untuk menerima materi pemasaran dan promosi lainnya melalui email. Jika Anda menerima email atau surat promosi secara langsung, Anda tetap berkesempatan untuk berhenti/opt-out (menolak menerima penawaran tersebut).

    Jika suatu saat Anda menginginkan kami untuk menghentikan pengiriman surat langsung, Anda dapat menghubungi perwakilan kami dengan menghubungi 1 500 237. Tanpa dikenakan biaya apapun, kami akan menindaklanjuti permintaan Anda dalam waktu 30 hari dan memastikan bahwa Anda tidak akan diikutsertakan dalam promosi pemasaran langsung berikutnya di masa yang akan datang.

Apabila kami meminta Anda untuk memberikan informasi pribadi, kami akan selalu menjelaskan tujuan pengumpulan informasi pribadi tersebut dan memastikan bahwa informasi tersebut hanya digunakan untuk tujuan yang telah kami jelaskan pada saat permintaan informasi.

Pernyataan Permintaan Informasi Kami

Pemberitahuan privasi (privacy notice) ini dibuat oleh PT Bank HSBC Indonesia sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku [termasuk namun tidak terbatas pada ketentuan terkait penerapan program Program Anti Pencucian Uang (APU) dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (PPT). Pernyataan ini dimaksudkan untuk memberitahukan mengapa data pribadi dikumpulkan, bagaimana data tersebut digunakan dan kepada siapa permintaan akses data harus ditujukan.

  1. Mengapa kami mengumpulkan data Anda - kami mengumpulkan informasi pribadi Anda untuk melaksanakan dan mengelola pemberian layanan kami kepada Anda dan dalam upaya untuk meningkatkan pengalaman Anda sebagai nasabah kami. Tanpa data tersebut Bank tidak dapat membuka atau mengelola rekening Anda atau memberikan atau melanjutkan pemberian fasilitas atau layanan perbankan.

    Data nasabah juga diminta dalam kegiatan bisnis sehari-hari terkait dengan kegiatan perbankan, misalnya, ketika nasabah menulis cek atau menyetorkan uang.

  2. Bagaimana data Anda digunakan - Data terkait dengan nasabah dapat digunakan untuk:
    1. memfasilitasi jalannya kegiatan harian layanan dan fasilitas kredit yang diberikan kepada nasabah;
    2. melakukan pemeriksaan kredit;
    3. membantu lembaga keuangan lain untuk melakukan pemeriksaan kredit dan penagihan utang;
    4. memastikan kelayakan kredit nasabah;
    5. merancang layanan atau produk keuangan terkait yang akan digunakan oleh nasabah;
    6. Pemasaran layanan keuangan atau produk terkait;
    7. menentukan jumlah yang dipinjamkan kepada atau oleh nasabah;
    8. mengumpulkan jumlah tunggakan dari nasabah dan pihak penyedia jaminan bagi kewajiban nasabah;
    9. memenuhi ketentuan pengungkapan informasi yang disyaratkan oleh undang-undang yang mengikat Bank atau cabang-cabangnya;
    10. memperkenankan calon penerus atau penerus aktual dari Bank, atau partisipan atau sub partisipan dari hak Bank terhadap nasabah, dapat mengevaluasi transaksi yang akan dialihkan atau menjadi subyek dari partisipasi atau sub partisipasi tersebut; dan
    11. memenuhi tujuan lain terkait dengan pengambilan data tersebut.
  3. Pengungkapan informasi pribadi Anda – Informasi terkait nasabah yang disimpan oleh Bank akan dijaga kerahasiaannya namun Bank dapat memberikan informasi tersebut kepada pihak-pihak berikut untuk tujuan sebagaimana ditetapkan dalam paragraf (c):
    1. setiap agen, kontraktor atau penyedia layanan pihak ketiga yang memberikan layanan administratif, telekomunikasi, komputer, pembayaran atau kliring sekuritas atau layanan lain kepada Bank sehubungan dengan kegiatan usahanya;
    2. pihak manapun yang tunduk kepada kewajiban kerahasiaan Bank termasuk kelompok perusahaan Bank yang telah menyanggupi untuk mematuhi kewajiban kerahasiaan tersebut;
    3. bank tertarik (drawee bank) yang memberikan salinan cek yang dibayar (yang mungkin saja mengandung informasi mengenai pihak penerima pembayaran) kepada pihak penarik (drawer);
    4. lembaga referensi kredit, dan saat terjadinya cidera janji kepada lembaga penagih utang;
    5. pihak manapun yang mewajibkan Bank melakukan pengungkapan menurut ketentuan undang-undang yang mengikat Bank atau cabang-cabangnya; dan
    6. pihak penerima pengalihan dari Bank, baik yang aktual atau yang diusulkan oleh Bank, atau partisipan atau sub-partisipan hak-hak Bank dalam kaitannya dengan nasabah.
  4. Permintaan akses data – setiap individu berhak:
    1. memeriksa apakah Bank memiliki data tentang individu tersebut dan akses terhadap data tersebut;
    2. meminta Bank untuk memperbaiki data mereka yang tidak akurat;
    3. menjamin kebijakan dan praktik Bank sehubungan dengan data dan mendapat informasi mengenai jenis data pribadi yang dimiliki oleh Bank; dan
    4. sehubungan dengan kredit nasabah, meminta informasi mengenai jenis data yang secara rutin diungkapkan kepada badan penyedia referensi kredit atau agen penagih utang, dan akan menerima informasi lebih lanjut untuk memungkinkan pemberian akses dan permintaan perbaikan kepada badan penyedia referensi kredit atau agen penagih utang terkait.
  5. Bank berhak untuk mengenakan biaya yang wajar bagi pemrosesan setiap permintaan dalam mengakses data.
  6. Tidak ada dalam Pemberitahuan Privasi (privacy notice) ini yang membatasi hak-hak nasabah berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Hubungi Kami

Permohonan untuk mengakses data atau perbaikan data atau informasi mengenai kebijakan dan praktik dan jenis data yang dimiliki harus dialamatkan ke Relationship Manager Anda.

Pemberitahuan privasi ini dapat diperbarui dari waktu ke waktu, dan Anda akan selalu dapat menemukan versi terbaru di situs ini.

Pembaruan terakhir: JUNI 2021

PENTING: Dengan mengakses situs web ini dan salah satu halamannya, Anda menyetujui ketentuan yang ditetapkan di atas. Terima kasih telah memilih HSBC.

PT Bank HSBC Indonesia berwenang, terdaftar dan diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan Indonesia dalam menjalankan usahanya di Indonesia. PT Bank HSBC Indonesia merupakan peserta penjaminan LPS.


Hubungi kami

Pertanyaan dan saran

1500237

atau

+62 21 25514777

(dari luar negeri)