COVID-19: Bantuan dan Panduan untuk Nasabah

HSBC hadir untuk mendukung Anda

Dalam kondisi Coronavirus yang tersebar luas (“COVID-19”), kami memahami bahwa berbagai industri dan individu terpengaruh. PT Bank HSBC Indonesia akan terus mendukung dan membantu nasabah melewati masa-masa sulit ini. Sejalan dengan pedoman OJK dalam POJK tentang Stimulus Ekonomi Nasional sebagai dampak COCVD19 Countercyclical, kami dapat membantu untuk menawarkan bantuan kepada nasabah yang menggunakan fasilitas kredit kami.

Nasabah Commercial Banking

  • Nasabah dari segment Small and Medium Enterprise dapat mengajukan moratorium pembayaran. Relationship managers kami siap untuk melakukan evaluasi dan mendiskusikan tentang solusi yang dapat kami tawarkan
  • Proses yang lebih cepat untuk penyediaan dokumen Shipping Guarantee dengan format standard kami
  • Penghapusan biaya perubahan Dokumen Kredit Impor khususnya perubahan pada tanggal terakhir pengiriman barang (latest shipment date) dan tanggal berlaku(expiry date) dapat dipertimbangkan apabila terkait dengan keterlambatan logistic yang sehubungan dengan dampak COVID19

Nasabah Global Banking

Relationship managers kami siap untuk melakukan evaluasi dan mendiskusikan dengan nasabah Business Banking dan Corporate Banking tentang solusi yang dapat kami tawarkan

Jika Anda terkena dampak, silakan hubungi Relationship Manager Anda atau kunjungi kami di, www.business.hsbc.co.id untuk mendapatkan solusi spesifik, khusus, dan tepat.

Terima kasih telah mempercayai HSBC. Dalam kondisi penuh tantangan ini, kami berkomitmen penuh untuk terus memberikan solusi keuangan terbaik untuk Anda.

Bisnis kami bertahan

Kami terus memonitor tim kami di seluruh bisnis dan fungsi, serta meng-update secara berkala untuk melakukan penilaian situasi secara keseluruhan demi menjaga keselamatan karyawan kami dan ketahanan bisnis kami. Kami terus mengambil langkah-langkah untuk melindungi karyawan, nasabah, dan bisnis kami berdasarkan rekomendasi dari pihak regulator. Berikut adalah beberapa langkah yang telah kami ambil untuk memastikan kelangsungan optimal bisnis untuk Anda dan juga bisnis Anda.

Pengaturan kerja yang kami terapkan

Kami sangat paham bahwa Anda mengandalkan kami untuk memastikan kelangsungan layanan perbankan dan kamipun berkomitmen untuk membantu nasabah kami selama masa sulit ini. Untuk melakukannya, kami telah menerapkan rencana bagi karyawan kami untuk bekerja dari lokasi yang berbeda, termasuk lokasi primer dan sekunder, sementara lainnya bekerja dari rumah. Pengaturan kerja alternatif kami dimaksudkan untuk lebih menyeimbangkan dan diversifikasi tenaga kerja kami berdasarkan lokasi dalam upaya untuk memberikan kontinuitas selama periode waktu yang panjang jika diperlukan.

Kemampuan jarak jauh

Kami telah menguji dan menyiapkan fasilitas untuk berkerja secara remote bagi karwayan kami yang memungkinkan banyak karyawan untuk melakukan pekerjaan mereka dari luar kantor. Kemampuan akses jarak jauh kami memungkinkan karyawan untuk mengakses sistem dan informasi yang tersedia di lokasi kantor kami. Kami juga telah berinvestasi pada channel digital kami untuk memfasilitasi kegiatan nasabah dan fungsi layanan mandiri

Komunikasi, kesadaran dan proaktif

Karyawan kami diberikan update rutin dan memiliki akses online ke informasi perusahaan yang berisi informasi yang diperbarui secara berkala bersama dengan kebijakan dan proses untuk membantu karyawan melalui kondisi sekarang ini. Kami juga secara lebih lanjut telah menjaga kebersihan di semua lokasi kantor kami

Peningkatan dukungan digital

Untuk membantu kesinambungan bisnis Anda yang mungkin akan menjadi virtual, di mana pengiriman kertas secara konvensional tidak memungkinkan, Anda dapat memanfaatkan channel digital HSBC, seperti platform HSBCnet kami.

Anda dapat mempersiapkan bisnis Anda untuk menjalani situasi ini dengan lebih baik. Selagi Anda menjaga keselamatan karyawan dan bisnis Anda, berikut adalah lima saran yang dapat Anda pertimbangkan:

  1. Jaga karyawan Anda berikut keluarganya
    • Dalam upaya menghentikan penularan, harus ada rencana kesinambungan bisnis yang mendukung kerja jarak jauh.
    • Pertimbangkan menggunakan teknologi yang memungkinkan komunikasi jarak jauh, seperti konferensi video
    • Berkomunikasi dengan karyawan dan terus memberikan update
  2. Tinjau kembali rantai pasokan Anda
    • Mencari ketergantungan yang tersembunyi dalam rantai pasokan. Identifikasi sumber pasokan supplier Anda hingga ke tingkat terkecil dan pahami kepada siapa nasabah Anda melakukan penjualan
    • Melakukan penilaian risiko atas komitmen kontraktual dan potensi penggunaan klausa yang berkaitan dengan keadaan yang tidak terduga, oleh Anda atau oleh pembeli dan supplier Anda.
    • Identifikasi dan cari opsi pasokan alternatif, hingga tingkat terkecil.
  3. Logistik dan distribusi
    • Penutupan kantor atau pabrik secara paksa dan gangguan terhadap layanan transportasi - termasuk jalan, pelabuhan dan fasilitas pemuatan - dapat memengaruhi ketepatan waktu pengiriman barang dan pemrosesan dokumen.
    • Memetakan ketergantungan Anda, memastikan Anda memiliki visibilitas dan rencana gangguan - misalnya, menggunakan angkutan udara jika pengiriman melalui jalur laut dibatasi.
    • Mengantisipasi gangguan pada penyedia layanan - dari layanan hukum hingga pemeriksaan pabean.
    • Pertimbangkan implikasi di seluruh lapisan operasional Anda dari sumber hingga produksi hingga distribusi.
  4. Bangun ketahanan
    • Replikasi latihan ini untuk merencanakan gangguan potensial lainnya - seperti bencana alam, ketidakstabilan politik atau serangan cyber
    • Mengembangkan protokol tanggapan dan rantai komando internal untuk setiap skenario.
    • Perencanaan kontingensi untuk skenario yang berbeda akan mempertahankan bisnis dalam keadaan baik.
  5. Kelola risiko keuangan
    • Bersiap untuk perubahan kondisi pasar termasuk permintaan, harga, dan ketidaktabilan valuta asing.
    • Stress test modal kerja Anda, karena arus barang dan jasa terganggu, dan pertimbangkan dukungan apa pun yang Anda tawarkan kepada pemasok Anda.
    • Bila perlu, buat daftar inventaris Anda secara selektif dan pertimbangkan persyaratan asuransi jika terjadi gangguan.
    • Berbicaralah dengan bank Anda tentang dukungan darurat dan bangun ketahanan terhadap potensi gangguan.

Bagaimana kami dapat membantu lebih jauh

Kami di sini untuk mendukung Anda dan bisnis Anda, jangan ragu untuk menghubungi kami atau berbicara dengan Relationship Manager Anda.

Hubungi kami

Pertanyaan dan saran

1500237

atau

+62 21 25514777

(dari luar negeri)

Anda meninggalkan situs HSBC CMB.

Perlu diketahui bahwa kebijakan situs eksternal berbeda dari syarat dan ketentuan situs serta kebijakan privasi kami. Situs berikutnya akan terbuka di jendela peramban atau bilah baru.

Anda meninggalkan situs HSBC CMB.

Perlu diketahui bahwa kebijakan situs eksternal berbeda dari syarat dan ketentuan situs serta kebijakan privasi kami. Situs berikutnya akan terbuka di jendela peramban atau bilah baru.