21 Agustus 2018

Mengarungi Perdagangan di ASEAN

Perekonomian Indonesia tahun 2018 ditandai dengan nilai tukar Rupiah yang tidak stabil, namun demikian Indonesia dinilai masih tetap menarik bagi investor asing. Sebagai pasar terbesar di ASEAN yang konsisten dengan pertumbuhan ekonomi yang solid, Indonesia saat ini merupakan prioritas bagi HSBC. Catherine Hadiman, Commercial Banking Director PT Bank HSBC Indonesia menyatakan bahwa Indonesia memiliki fundamental ekonomi yang kuat, tingkat pertumbuhan PDB rata-rata sebesar 5%, tingkat inflasi di bawah 3% serta utang publik yang lebih rendah dari 30% nilai PDB. Di samping itu, Indonesia dipandang memiliki pemerintahan yang relatif stabil serta risiko politik yang rendah. Dengan latar belakang tersebut, Indonesia telah berkembang menjadi pasar yang sangat menarik dengan potensi perdagangan ekspor dan impor yang sangat besar untuk menjadi perekonomian terkemuka di Asia Tenggara. Sebagai negara dengan perekonomian berbasis komoditi, perhatian khusus Pemerintah pada proses industrialisasi dalam meningkatkan nilai tambah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, telah berperan penting dalam menempatkan Indonesia sebagai pemeran penting dalam perdagangan global.

Navigating Trade in ASEAN


Lebih lanjut, Natalie Blyth, Group General Manager HSBC Global Head of Trade and Receivables Finance, menyampaikan bahwa kondisi Indonesia adalah positif, sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang mampu mendorong pencapaian GDP melampaui batas USD 1 triliun. Selain itu Indonesia mengalami peningkatan pengaruh regional ditunjang proyeksi nilai ekspor yang dapat melampaui kinerja kawasan Asia Pasifik dalam dua tahun mendatang, serta memiliki sumber daya alam yang berlimpah yang menjadi pendukung ekspor dalam jangka panjang. Sebagai negara anggota ASEAN, Indonesia juga menjadi bagian dari kekuatan gabungan ASEAN, yang merupakan perekonomian terbesar ke-7 di dunia saat ini, yang diproyeksikan Natalie Blyth akan mencapai posisi ke-3 pada tahun 2030.

Sebagai bank pembiayaan perdagangan (trade finance) terkemuka di dunia, HSBC berupaya untuk menjadi bank Internasional terdepan di Indonesia, yang dapat membantu para nasabah menghadapi lingkungan perdagangan yang tidak pasti, melalui solusi untuk optimalisasi modal kerja, pembangunan ekosistem perdagangan yang berkembang pesat serta fasilitasi perdagangan yang aman dan terjamin, baik dengan mitra usaha baru maupun mitra yang telah ada di seluruh dunia. Dengan eksistensi global yang terkemuka dalam bidang perbankan, HSBC berusaha memberikan jasa perbankan yang memudahkan nasabah – bukan sekedar lebih mudah – sehingga dapat menjadikan perdagangan global lebih cepat, lebih aman, lebih kompetitif serta lebih efisien bagi para nasabah. Dengan rancang ulang semua platform inti yang disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan nasabah, HSBC membuktikan komitmennya untuk menjadi mitra terpercaya bagi para nasabah.

Pandangan mengenai hal-hal terkait tema ‘Navigating Trade in ASEAN’ disampaikan dalam sesi Global Trade and Receivables Finance (GTRF) networking yang menampilkan Natalie Blyth sebagai pembicara utama. Turut memberikan sambutan pada acara tersebut, Catherine Hadiman dan Ali Setiawan, Head of Global Markets dan HSS PT Bank HSBC Indonesia. Dalam sambutannya, Ali Setiawan membahas hal-hal terkait upaya mewujudkan potensi Indonesia serta pandangannya terhadap perekonomian Indonesia. Sesi ini merupakan bagian dari HSBC Business Luncheon tanggal 4 Juli 2018 yang membahas pandangan atas situasi perekonomian Indonesia terkini, faktor-faktor sosial-ekonomi positif yang dapat terus menunjang pengembangan Indonesia menjadi pasar yang menjanjikan, masa depan perdagangan digital melalui pemanfaatan teknologi blockchain serta berbagai sudut pandang dan wawasan dari sektor keuangan.

Acara yang diadakan di Fairmont Hotel Jakarta ini juga merupakan forum networking yang memberikan berbagai peluang bagi para klien dan nasabah dari berbagai industri, serta diharapkan memperkuat posisi HSBC sebagai bank terkemuka di dunia dalam bidang GTRF dan mempertegas komitmen HSBC untuk menjadi bank Internasional terdepan di Indonesia.

Hubungi kami

Pertanyaan dan saran

1500237

atau

+62 21 25514777

(dari luar negeri)

Anda meninggalkan situs HSBC CMB.

Perlu diketahui bahwa kebijakan situs eksternal berbeda dari syarat dan ketentuan situs serta kebijakan privasi kami. Situs berikutnya akan terbuka di jendela peramban atau bilah baru.

Anda meninggalkan situs HSBC CMB.

Perlu diketahui bahwa kebijakan situs eksternal berbeda dari syarat dan ketentuan situs serta kebijakan privasi kami. Situs berikutnya akan terbuka di jendela peramban atau bilah baru.

Anda meninggalkan situs HSBC CMB.

Perlu diketahui bahwa kebijakan situs eksternal berbeda dari syarat dan ketentuan situs serta kebijakan privasi kami. Situs berikutnya akan terbuka di jendela peramban atau bilah baru.