13 September 2018

Dukungan untuk Sumatera Selatan sebagai pusat ekenomi baru

Potensi perekonomian Indonesia sudah tidak dipertanyakan lagi. Bangsa dengan jumlah penduduk sebesar 265juta ini memiliki segala faktor yang dibutuhkan untuk menjadi pemain utama di kancah global. Saat ini, ekonomi Indonesia sudah menjadi 16 besar di dunia. Indonesia juga merupakan negara dengan ekonomi terbesar di ASEAN, dengan kontribusi lebih dari 3% GDP di ASEAN1 dan lebih dari 40% populasi ASEAN . Pakar analisa memprediksi bahwa Indonesia akan semakin bertumbuh menjadi terbesar ke-7 (tujuh) di ekonomi dunia, 10 sampai 15 tahun mendatang . 2

Mayoritas pertumbuhan ekonomi ini datang dari luar Jakarta, dan Jawa. Di sisi barat Indonesia, Palembang ditinjau sebagai pusat perekonomian di Sumatera Selatan, sebagai kota terbesar kedua setelah Medan dengan adanya manufaktur, perdagangan, agrikultur, kontruksi dan peningkatan pinjaman bank.

Namun, tidaklah mudah merubah potensi tersebut menjadi peluang bisnis dan kesuksesan. Karenanya, HSBC mendukung Indonesia Economic Forum sebagai wadah untuk membangun hubungan, menambah wawasan dan mengkalibrasi ulang strategi bisnis untuk membangun usaha yang sukses. Forum yang akan diadakan di lima kota di penjuru Indonesia ini akan menghubungkan pemerintah, pebisnis swasta, institusi keuangan, perusahaan BUMN dan komunitas lokal untuk bekerja sama merealisasikan visi tersebut.

Bulan Agustus lalu di Palembang, forum ini membahas potensi kota Palembang dengan Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin dan beberapa tokoh penting industri. Berikut ini adalah beberapa poin utama pada diskusi tersebut.

INFRASTRUKTUR – Penggerak Pertumbuhan Ekonomi

Dari jalan toll hingga LRT yang baru saja dibuka, Sumatera Selatan mengalami dorongan pada pembangunan infrastruktur. Dengan pemilihan Palembang sebagai salah satu tuan rumah untuk perhelatan Asian games 2018, pemerintahan Presiden

Joko Widodo mengharapkan jaringan transportasi, terutama di kota-kota besar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan daya saing diantara setiap provinsi. Infrastruktur tranportasi yang baru saja dibangun juga membantu akselerasi pengembangan Zona Ekonomi Spesial (Special Economic Zone) di tanjung Api-Api dan Tanjung Carat. Pengembangan SEZ akan menciptakan lapangan kerja dan berperan sebagai pendorong ekonomi di Sumatera Selatan.

LOGISTIK – Meningkatkan Konektivitas dan Daya Saing

Sumatera Selatan adalah pusat perekonomian berkembang dengan sektor agrikultur yang kuat, pertambangan, perkebunan, perikanan dan manufaktur, menjadikan peningkatan sektor logistik daerah sebagai suatu langkah penting untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan adil.

Palembang memiliki lebih dari 30 penerbangan setiap hari, namun diperlukan perbaikan fasilitas bandara dan jaringan rel yang saat ini sedang dalam proses. Di lain pihak, Presiden Joko Widodo memastikan bahwa pemerintahannya berkomitmen untuk menurunkan biaya logistik untuk meningkatkan daya saing ekonomi negara.

AGRIKULTUR – Menaikkan Pendapatan dan Pertumbuhan yang Adil

Agrikultur berperan penting pada perekonomian Indonesia, terutama dalam mendukung pendapatan rumah tangga. Sektor ini menjadi penyedia utama lapangan pekerjaan, sebanyak 32% di 2017 3. Sektor agrikultur terdiri dari perkebunan skala besar yang dimiliki perusahaan swasta dan BUMN, serta pengusaha kecil dengan metode berkebun tradisional. Sumatera Selatan memiliki perkebunan karet terbesar di Indonesia, mencapai 838.7 ribu hektar4 . Namun provinsi ini membutuhkan investasi di sektor agrikultur, terutama pada industri pengolahan downstream.

PROPERTI – Pembangunan Kota Pintar & Pusat Urban

Sektor properti Palembang diharapkan menerima dorongan kuat sebagai investasi baru, bagi penanam modal asing maupun domestik. Pengembangan Zona Ekonomi Spesial Tanjung Api-Api telah merubah keseluruhan proyeksi ekonomi di Sumatera Selatan.

Penyelesaian tahap pertama pembangunan LRT Palembang juga memberikan dampak positif pada sektor properti daerah. Para pakar analisa memprediksikan harga properti dapat meningkat hingga 20% per tahun5 untuk beberapa tahun ke depan dengan didukung perkembangan infrastruktur.

“Menurut kami apa yang dijalankan Indonesia saat ini sangatlah penting, karena bagi kami pertumbuhan 5.3% bukanlah aspek terpenting. Aspek terpenting adalah bagi Indonesia untuk membangun masa depan,” disebutkan Sumit Dutta, Presiden Direktur PT Bank HSBC Indonesia.

HSBC telah membuka cabang di Palembang, Sumatera Selatan, dan di beberapa daerah di Indonesia. HSBC sangat berharap dapat terjalin kerja sama dengan pemerintah, sektor swasta dan individu yang ingin menjadikan Palembang sebagai pusat Sumatera Selatan, untuk melihat langkah-langkah yang dapat dicapai HSBC dalam memastikan perekonomian daerah tumbuh secara optimum berdasarkan potensinya.

Hubungi kami

Pertanyaan dan saran

1500237

atau

+62 21 25514777

(dari luar negeri)

Anda meninggalkan situs HSBC CMB.

Perlu diketahui bahwa kebijakan situs eksternal berbeda dari syarat dan ketentuan situs serta kebijakan privasi kami. Situs berikutnya akan terbuka di jendela peramban atau bilah baru.

Anda meninggalkan situs HSBC CMB.

Perlu diketahui bahwa kebijakan situs eksternal berbeda dari syarat dan ketentuan situs serta kebijakan privasi kami. Situs berikutnya akan terbuka di jendela peramban atau bilah baru.

Anda meninggalkan situs HSBC CMB.

Perlu diketahui bahwa kebijakan situs eksternal berbeda dari syarat dan ketentuan situs serta kebijakan privasi kami. Situs berikutnya akan terbuka di jendela peramban atau bilah baru.