Panduan NegaraMauritius

Ini adalah salah satu dari rangkaian Global Business Guides yang dirancang untuk bisnis yang ingin berekspansi ke negara lain. Global Business Guides ini diproduksi pada Januari 2016. Materi-materi dalam dokumen ini memberikan gambaran atas kondisi pada saat produksi, didasari oleh hukum yang berlaku dan informasi yang tersedia pada saat itu.



Arus masuk investasi langsung luar negeri (FDI) ke Maritius mencapai USD441 juta pada tahun 2014, prakiraan satu tahun penuh memperkirakan arus masuk senilai USD197 juta untuk tahun 2015.

Mauritius berada di peringkat 32 dalam laporan Kemudahan Berbisnis tahun 2016 yang dinilai oleh Bank Dunia, turun satu tingkat dari posisi 31 pada tahun sebelumnya. Meskipun sedikit penurunan dalam posisinya secara keseluruhan, peringkat tersebut mengakui reformasi yang telah dilakukan Mauritius untuk menjadikan berbisnis semakin mudah. Hal ini meliputi pengurangan waktu yang diperlukan untuk mengurus izin mendirikan bangunan dengan mempekerjakan subkontraktor yang lebih efisien untuk membangun proses yang lebih lancar.

Fakta utama tentang memulai bisnis di Mauritius:

  • Diperlukan lima prosedur dan waktu sekitar enam hari untuk memulai bisnis baru di Mauritius; proses ini dijelaskan secara terperinci di bab <Berbisnis di>
  • Diperlukan rata-rata waktu lima hari kerja untuk memproses permohonan Izin Kerja; peraturan ketenagakerjaan dibahas secara terperinci di bab <Tenaga Kerja>
  • Diperlukan waktu sekitar 21 hari dan biaya MUR65.530 untuk memperoleh izin mendirikan bangunan dan menggunakan lahan
  • Perusahaan yang beroperasi di Mauritius rata-rata menghabiskan waktu 152 jam per tahun untuk pembayaran pajak; sistem perpajakan diuraikan di bab <Pajak>
  • Semua perusahaan wajib menyusun laporan keuangan sesuai dengan Standar Pelaporan Keuangan Internasional (IFRS); detail lebih lanjut dapat ditemukan di bab <Audit>
  • Perusahaan yang ingin tercatat di Bursa Efek Mauritius, harus memenuhi ketentuan antara lain, memiliki kapitalisasi pasar yang diperkirakan nilainya tidak kurang dari MUR20 juta; pasar modal dibahas lebih lanjut di bab <Keuangan>

Daya tarik Mauritius sebagai lokasi investasi dapat dikaitkan dengan sejumlah faktor, termasuk politiknya yang stabil dan kebijakan investasinya yang liberal. Sekalipun demikian, untuk mengambil keputusan yang tepat, sangat penting untuk memahami perbedaan aturan setempat. Cara yang dilakukan orang dalam menjalankan bisnis di Mauritius mungkin berbeda dengan negara asal investor. Selain itu, variasi mengenai perbedaan tersebut dapat muncul tergantung pada industri tempat perusahaan beroperasi.

Mauritius tidak memiliki bahasa resmi. Bahasa Kreol Mauritius digunakan oleh sebagian besar penduduk dan paling sering digunakan dalam lingkungan tidak resmi. Meskipun demikian, Bahasa Prancis dan Inggris banyak digunakan untuk keperluan pendidikan dan komersial.

Pakaian bisnis bersifat konservatif, meskipun pakaian yang lebih santai mungkin diterima pada industri tertentu. Ketepatan waktu sangat dianjurkan ketika menjalankan bisnis di Mauritius dan janji temu sebaiknya dibuat beberapa hari sebelumnya. Berjabatan tangan merupakan sapaan bisnis yang umum dan bertukar kartu nama biasanya akan dilakukan pada akhir pertemuan.

Investor yang ingin mendirikan usaha di Mauritius mungkin mempertimbangkan Afrika sebagai pilihan alternatif. Namun demikian, Mauritius dapat dibedakan pada beberapa faktor berikut:

  • Mauritius masih menjadi ekonomi paling kompetitif di Afrika Sub Sahara, menurut Laporan Daya Saing Global Forum Ekonomi Dunia
  • Ekonomi negara ini memiliki pertumbuhan yang stabil di atas tiga persen sejak tahun 2010 dan diharapkan terus berlanjut di masa mendatang
  • Mauritius telah menandatangani 11 perjanjian perdagangan pada tingkat multilateral, regional, dan bilateral; perjanjian ini menawarkan akses pasar preferensial ke negara-negara di Afrika, Eropa, dan Amerika Serikat; kebijakan perdagangan dibahas lebih lanjut di bab <Perdagangan>
  • Mauritius memiliki tenaga kerja yang fleksibel, menguasai dua bahasa (Bahasa Inggris/Prancis) dan terampil
  • Bandar Udara Internasional Sir Seewoosagur Ramgoolam menawarkan lebih dari 90 penerbangan internasional dalam satu minggu; detail lebih lanjut dapat ditemukan di bab <Infrastruktur>

Daya tarik Mauritius sebagai lokasi investasi langsung luar negeri (FDI) dapat dikaitkan dengan sejumlah faktor. Sekalipun demikian, investor asing harus selalu menyadari beberapa tantangan yang mungkin dihadapi ketika berbisnis di Mauritius. Seperti yang diakui oleh Laporan Daya Saing Global, seiring dengan terus berkembangnya pembangunan negara ini, ada banyak hal yang harus dilakukan agar perekonomiannya didorong oleh pengetahuan. Negara ini perlu mengatasi kelangkaan sumber daya manusia yang terampil. Perbaikan perlu dilakukan dalam hal kualitas pendidikan dan kemampuan negara untuk menyerap teknologi baru.

Panduan ini telah disusun untuk menyediakan bisnis dengan gambaran umum Mauritius, aturan <Hukum>, pertimbangan untuk memulai dan memasuki pasar, persyaratan pajak dan kepabeanan, serta ringkasan umum faktor-faktor yang mungkin memengaruhi keputusan untuk berbisnis di Mauritius. Meskipun demikian, informasi yang terkandung di dalam dokumen ini bersifat umum dan jangan bertindak atau mengandalkan informasi tersebut tanpa mendapatkan saran profesional tertentu.

Tautan Bermanfaat

1

Departemen Pendaftaran Perusahaan dan Bisnis

2

Otoritas Pajak Mauritius

3

Kantor Imigrasi dan Paspor

4

Kantor Perlindungan Data

5

Kantor Kekayaan Intelektual

6

Dewan Investasi

7

Kementerian Tenaga Kerja, Hubungan Industri, Ketenagakerjaan, dan Pelatihan


Unduh Panduan untuk Negara (dalam Bahasa Inggris) - Mauritius (2.59MB, PDF)

Klausul Pembebasan

Dokumen ini diterbitkan oleh HSBC Bank (Mauritius) Limited (Bank).  Panduan ini merupakan proyek bersama dengan Grant Thornton. Panduan ini tidak dimaksudkan sebagai penawaran atau ajakan berbisnis bagi siapa pun di yurisdiksi mana pun. Panduan ini tidak dimaksudkan untuk dibagikan kepada siapa pun yang berada atau tinggal di yurisdiksi yang membatasi pembagian dokumen ini. Panduan tidak boleh disalin, digandakan, dikirimkan, atau dibagikan lebih lanjut oleh penerima. Informasi yang terkandung di dalam dokumen ini hanya bersifat umum. Informasi tidak bermaksud untuk bersifat menyeluruh dan tidak dianggap sebagai saran keuangan, hukum, pajak atau profesional lainnya. Jangan hanya bertindak berdasarkan informasi yang terkandung di dalam dokumen ini tanpa mendapatkan saran profesional tertentu. Meskipun dokumen ini sudah disusun secara sangat hati-hati, Bank dan Grant Thornton tidak memberikan garansi, pernyataan atau jaminan (tersurat atau tersirat) terkait dengan akurasi atau kelengkapannya, dan dalam keadaan apa pun, Bank atau Grant Thornton tidak akan bertanggung jawab atas setiap kerugian yang disebabkan oleh penggunaan pendapat atau pernyataan yang ada di dalam dokumen ini. Kecuali diindikasikan secara khusus, pernyataan pendapat merupakan milik Bank dan dapat berubah tanpa pemberitahuan. Materi yang dimuat di dalam dokumen ini disusun pada bulan Januari 2016 dan didasarkan pada hukum yang berlaku dan informasi yang tersedia pada saat itu.

Grant Thornton mengacu pada merek yang di bawahnya perusahaan anggota Grant Thornton memberikan layanan asuransi, pajak, dan konsultasi kepada kliennya dan/atau mengacu pada salah satu atau beberapa perusahaan anggota, tergantung pada konteksnya. Grant Thornton International Ltd (GTIL) dan perusahaan anggotanya bukan merupakan kemitraan global. GTIL dan setiap perusahaan anggotanya merupakan badan hukum terpisah. Layanan diberikan oleh perusahaan anggota. GTIL tidak memberikan layanan kepada klien. GTIL dan perusahaan anggotanya bukan merupakan agen, dan tidak berkewajiban satu sama lain, serta tidak bertanggung jawab atas tindakan atau kelalaian satu sama lain. Publikasi ini hanya disusun sebagai panduan. Tidak ada tanggung jawab yang ditanggung oleh GTIL atas kerugian yang disebabkan perorangan yang bertindak atau tidak bertindak sebagai akibat dari materi yang ada di dalam publikasi ini.

HSBC bertanggung jawab penuh atas terjemahan isi panduan ini.  Dalam hal perbedaan atau ketidaksamaan antara versi bahasa Inggris dan versi terjemahan Panduan ini, versi bahasa Inggris yang akan digunakan dan diberlakukan.

Anda meninggalkan situs HSBC CMB.

Perlu diketahui bahwa kebijakan situs eksternal berbeda dari syarat dan ketentuan situs serta kebijakan privasi kami. Situs berikutnya akan terbuka di jendela peramban atau bilah baru.

Anda meninggalkan situs HSBC CMB.

Perlu diketahui bahwa kebijakan situs eksternal berbeda dari syarat dan ketentuan situs serta kebijakan privasi kami. Situs berikutnya akan terbuka di jendela peramban atau bilah baru.