Panduan NegaraMalta

Ini adalah salah satu dari rangkaian Global Business Guides yang dirancang untuk bisnis yang ingin berekspansi ke negara lain. Global Business Guides ini diproduksi pada Januari 2016. Materi-materi dalam dokumen ini memberikan gambaran atas kondisi pada saat produksi, didasari oleh hukum yang berlaku dan informasi yang tersedia pada saat itu.



Malta mampu menarik aliran investasi langsung luar negeri (FDI) sebesar EUR5,2 miliar selama enam bulan pertama tahun 2015. Aktivitas keuangan dan asuransi mencapai 98,1 persen dari arus masuk, memperkuat statusnya sebagai pusat keuangan internasional.

Malta berada di posisi 80 dalam peringkat Kemudahan Berbisnis tahun 2016 yang dinilai oleh Bank Dunia, turun dari peringkat 76 pada tahun sebelumnya. Negara ini memiliki profil campuran dengan keunggulan relatif pada kategori 'pembayaran pajak', 'perlindungan investor minoritas', dan 'perdagangan lintas negara', disertai dengan kelemahan signifikan dalam proses yang berhubungan dengan 'memulai bisnis' dan 'mendapatkan kredit'. Peringkat tersebut mengakui bahwa pada tahun sebelumnya, reformasi telah dilakukan untuk mengurangi waktu yang diperlukan untuk mendapatkan sambungan listrik.

Fakta utama tentang memulai bisnis di Malta:

  • Diperlukan 10 prosedur dan waktu 28 hari untuk memulai bisnis baru di Malta; proses ini dijelaskan secara terperinci di bab Berbisnis di
  • Proses pemerolehan izin kerja dapat memerlukan waktu hingga enam minggu; peraturan ketenagakerjaan dibahas secara terperinci di bab Tenaga Kerja
  • Pemerolehan izin mendirikan bangunan memerlukan waktu hingga 21 hari dan dengan biaya EUR50
  • Perusahaan yang ingin mencatatkan dan memperdagangkan surat berharganya di Bursa Efek Malta, harus memenuhi ketentuan antara lain, telah mempublikasikan laporan keuangan dengan pendapat auditor selama setidaknya tiga tahun keuangan berturut-turut sebelum mengajukan permohonan untuk penerimaan; hal ini dibahas lebih lanjut di bab Keuangan

Malta merupakan lokasi yang menarik bagi banyak investor asing. Sekalipun demikian, untuk mengambil keputusan yang tepat, sangat penting untuk memahami perbedaan aturan setempat. Cara yang dilakukan orang dalam menjalankan bisnis di Malta mungkin berbeda dengan negara asal investor. Selain itu, variasi mengenai perbedaan tersebut dapat muncul tergantung pada industri tempat perusahaan beroperasi.

Bahasa nasional Malta adalah bahasa Malta tetapi juga disertai dengan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi Malta; sebagian besar orang Malta menguasai dua bahasa dan banyak yang juga fasih berbahasa Italia. Malta memiliki budaya bisnis yang konservatif, serupa dengan budaya bisnis di Inggris Raya karena adanya hubungan yang dekat antar kedua negara tersebut. Aturan berpakaian di tempat kerja pada umumnya resmi.

Berjabatan tangan merupakan sapaan bisnis yang umum dan bertukar kartu nama biasanya akan dilakukan pada pertemuan pertama. Pemberian hadiah bisa dilakukan tetapi bukan hal yang wajib.

Investor yang ingin mendirikan usaha di Malta seringkali akan mempertimbangkan negara-negara di Eropa sebagai pilihan alternatif. Meskipun keanggotaan Uni Eropa memastikan kesetaraan dalam banyak aspek sistem Hukum, Pajak dan Audit , Malta dapat dapat dibedakan pada beberapa faktor berikut:

  • PDB Malta per kapita diperkirakan mencapai 97 persen dari rata-rata Uni Eropa pada tahun 2017
  • Tarif pajak perusahaan standar sebesar 35 persen tetapi melalui hak pengembalian pajak Malta, tarif pajak efektif dapat berkurang sampai sekecil lima persen
  • Malta memiliki lokasi strategis karena berada di tengah-tengah Mediterania dengan hubungan yang sangat dekat dengan dataran utama Eropa, Afrika Utara, dan Timur Tengah; infrastruktur transportasi negara ini diuraikan lebih lanjut di bab Infrastruktur
  • Biaya tenaga kerja Malta tetap kompetitif, berada di peringkat 18 dalam sebuah penelitian tentang biaya tenaga kerja per jam di seluruh Uni Eropa
  • Malta merupakan penerima Dana Struktural dan Investasi Eropa (ESIF) dengan EUR828 juta yang tersedia untuk jangka waktu 2014-2020
  • Malta menawarkan insentif investasi untuk perusahaan yang beroperasi di berbagai industri, termasuk manufaktur, teknologi informasi & komunikasi, penelitian dan pengembangan, dan bioteknologi; hal ini dibahas lebih lanjut di bab Perdagangan

Meskipun Malta menawarkan banyak keuntungan kepada investor, rendahnya efisiensi departemen pemerintah dan sistem peradilan negara tersebut masih memberikan tantangan bagi keseluruhan daya tarik Malta sebagai lingkungan bisnis. Seperti yang diidentifikasi oleh Komisi Eropa, masalah tersebut mencakup: penegakan kontrak, sistem lisensi dan perizinan, serta prosedur kepailitan yang terlalu panjang. Meskipun pihak pemerintah sudah berusaha menerapkan reformasi untuk mengatasi ketidakefisienan, pengaruhnya masih belum terlihat.

Panduan ini telah disusun untuk menyediakan bisnis dengan gambaran umum Malta, aturan hukum, pertimbangan untuk memulai dan memasuki pasar,  persyaratan pajak dan kepabeanan, serta ringkasan umum faktor-faktor  yang mungkin memengaruhi keputusan untuk berbisnis di Malta. Meskipun demikian, informasi yang terkandung di dalam dokumen ini  bersifat umum dan jangan bertindak atau mengandalkan informasi tersebut  tanpa mendapatkan saran profesional tertentu.

Harap perhatikan bahwa Panduan terkait dengan Negara mungkin hanya tersedia dalam Bahasa Inggris.

Tautan Bermanfaat

1

Pendaftaran Perusahaan

2

Kantor Pajak

3

Kepabeanan Malta

4

Layanan Pencatatan dan Kependudukan

5

Kekayaan Intelektual – Departemen Perdagangan

6

Kantor Komisioner Perlindungan Informasi dan Data

7

Layanan Pendaftaran Usaha Malta

8

Departemen Industri dan Hubungan Tenaga Kerja


Sumber

1 Statistik FDI
2 Peringkat Kemudahan Berbisnis
3 Izin kerja – Memanfaatkan PracticalLaw yang merupakan layanan hukum yang digunakan Grant Thornton
4 PDB per Kapita Malta
5 Biaya Tenaga Kerja
6 Dana Uni Eropa Malta

Unduh Panduan untuk Negara (dalam Bahasa Inggris) - Malta (1.18MB, PDF)

Klausul Pembebasan

Dokumen ini diterbitkan oleh HSBC Bank Malta p.l.c. (Bank). Panduan ini merupakan proyek bersama dengan Grant Thornton. Panduan ini tidak dimaksudkan sebagai penawaran atau ajakan berbisnis bagi siapa pun di yurisdiksi mana pun. Panduan ini tidak dimaksudkan untuk dibagikan kepada siapa pun yang berada atau tinggal di yurisdiksi yang membatasi pembagian dokumen ini. Panduan ini tidak boleh disalin, digandakan, dikirimkan, atau dibagikan lebih lanjut oleh penerima. Informasi yang terkandung di dalam dokumen ini hanya bersifat umum. Informasi tidak bermaksud untuk bersifat menyeluruh dan tidak dianggap sebagai saran keuangan, hukum, pajak atau profesional lainnya. Jangan hanya bertindak berdasarkan informasi yang terkandung di dalam dokumen ini tanpa mendapatkan saran profesional tertentu. Meskipun dokumen ini sudah disusun secara sangat hati-hati, Bank dan Grant Thornton tidak memberikan garansi, pernyataan atau jaminan (tersurat atau tersirat) terkait dengan akurasi atau kelengkapannya, dan dalam keadaan apa pun, Bank atau Grant Thornton tidak akan bertanggung jawab atas setiap kerugian yang disebabkan oleh penggunaan pendapat atau pernyataan yang ada di dalam dokumen ini. Kecuali diindikasikan secara khusus, pernyataan pendapat merupakan milik Bank dan dapat berubah tanpa pemberitahuan. Materi yang dimuat di dalam dokumen ini disusun pada bulan Januari 2016 dan didasarkan pada hukum yang berlaku dan informasi yang tersedia pada saat itu.

Grant Thornton mengacu pada merek yang di bawahnya perusahaan anggota Grant Thornton memberikan layanan asuransi, pajak, dan konsultasi kepada kliennya dan/atau mengacu pada salah satu atau beberapa perusahaan anggota, tergantung pada konteksnya. Grant Thornton International Ltd (GTIL) dan perusahaan anggotanya bukan merupakan kemitraan global. GTIL dan setiap perusahaan anggotanya merupakan badan hukum terpisah. Layanan diberikan oleh perusahaan anggota. GTIL tidak memberikan layanan kepada klien. GTIL dan perusahaan anggotanya bukan merupakan agen, dan tidak berkewajiban satu sama lain, serta tidak bertanggung jawab atas tindakan atau kelalaian satu sama lain. Publikasi ini hanya disusun sebagai panduan. Tidak ada tanggung jawab yang ditanggung oleh GTIL atas kerugian yang disebabkan perorangan yang bertindak atau tidak bertindak sebagai akibat dari materi yang ada di dalam publikasi ini.

HSBC bertanggung jawab penuh atas terjemahan isi panduan ini. Dalam hal perbedaan atau ketidaksamaan antara versi bahasa Inggris dan versi terjemahan Panduan ini, versi bahasa Inggris yang akan digunakan dan diberlakukan

Anda meninggalkan situs HSBC CMB.

Perlu diketahui bahwa kebijakan situs eksternal berbeda dari syarat dan ketentuan situs serta kebijakan privasi kami. Situs berikutnya akan terbuka di jendela peramban atau bilah baru.

Anda meninggalkan situs HSBC CMB.

Perlu diketahui bahwa kebijakan situs eksternal berbeda dari syarat dan ketentuan situs serta kebijakan privasi kami. Situs berikutnya akan terbuka di jendela peramban atau bilah baru.