Keamanan Online

Saat ini, sebagian besar penggunaan internet dilakukan melalui komputer atau perangkat seluler dan tablet.
Kita ingin mengirimkan email, chat dan melakukan kegiatan yang menyenangkan secara online serta menggunakannya untuk membeli dan menjual barang sekaligus melakukan kegiatan perbankan.

Sayangnya, hal ini memberikan peluang bagi para pelaku tindak kejahatan untuk:

  • Menginfeksi komputer atau perangkat seluler dan tablet Anda dengan malware dan mencuri identitas Anda
  • Membebani komputer atau perangkat seluler dan tablet Anda dengan pop-ups dan virus
  • Mengirimkan Anda email spam dan scam
  • Menipu Anda agar mengunjungi situs web palsu dan mengambil alih informasi pribadi
  • Meretas ke dalam jaringan nirkabel Anda

Lindungi diri Anda secara online

Menurut pandangan kami, ada beberapa aturan penting yang menawarkan perlindungan online paling efektif dengan cara yang sederhana.
Tidak semuanya perlu dilakukan, namun ini merupakan suatu langkah awal yang tepat – dan langkah tersebut dapat digunakan untuk pemilik bisnis dan perorangan.

Apa yang harus Anda harus senantiasa lakukan:

  • Pastikan Anda memiliki keamanan dan patch terbaru
  • Pasang perangkat anti-virus
  • Selalu perbarui perangkat lunak dan browser
  • Pahami bagaimana para kriminal menggunakan internet
  • Hindari penipuan secara online
  • Pelajari cara untuk mengetahui email dan situs web palsu
  • Jaga keamanan Kata Sandi dan informasi pribadi Anda
  • Jangan memberitahukan informasi pribadi secara online
  • Amankan jaringan nirkabel Anda
  • Lindungi perangkat seluler dan tablet Anda
  • Pengelolaan secara offline
  • Bagaimana HSBC melindungi Anda secara online

Pastikan Anda memiliki keamanan dan patch terbaru

Dari waktu ke waktu, kelemahan ditemukan di dalam program yang berjalan di komputer Anda.Kelemahan ini dapat dieksploitasi oleh pembuat virus dan peretas untuk memperoleh akses ke komputer.Oleh karena itu, penerbit program akan mengeluarkan patch dari waktu ke waktu untuk memperbaiki kelemahan ini.

Untuk memeriksa patch dan pembaruan, Anda harus mengunjungi situs penerbit, biasanya terdapat di bagian unduh (download). Pada umumnya, versi terbaru dari keluarga sistem operasi (seperti Microsoft Windows) atau penjelajah web (browser) (seperti Internet Explorer, Google Chrome, Apple Safari, dsb.) adalah yang paling aman.

Pengguna Microsoft dapat mengunjungi: http://windowsupdate.microsoft.com, yang dapat secara otomatis memeriksa apa yang diperlukan untuk sistem operasi dan penjelajah web (browser) Anda, lalu mengunduhnya sesuai dengan permintaan Anda.

Pengguna Apple Mac dapat mengunjungi: https://www.apple.com/downloads lalu menuju Software Update yang menampilkan daftar pembaruan keamanan terbaru yang siap diunduh. Atau, dengan mengklik Menu Apple di perangkat Mac dan memilih Software Update, Anda juga dapat memastikan bahwa Anda sudah menggunakan pembaruan keamanan terbaru.

Pasang perangkat anti-virus

Perangkat lunak anti-virus melindungi Anda, privasi Anda, dan uang Anda.

Virus merupakan berita buruk. Mereka mencuri informasi pribadi, mengambil alih kendali PC Anda, memunculkan iklan yang tidak diinginkan, dan bahkan dapat menggunakan komputer Anda untuk menyerang komputer orang lain.

Anda mungkin juga mendengar virus juga disebut dengan malware, trojan, spyware, atau adware.

Perangkat lunak anti-virus melindungi Anda dari semua itu.

Agar berfungsi dengan benar, perangkat lunak anti-virus harus mengunduh pembaruan secara rutin melalui internet. Perangkat lunak anti-virus yang sudah usang akan memiliki cacat.

Setiap berkas/file yang tidak memiliki ekstensi (misalnya, hanya bernama 'file') atau memiliki ekstensi ganda (misalnya 'file.wow.jpg) hampir pasti merupakan virus dan jangan pernah dibuka.Selain itu, jangan pernah membuka lampiran email yang tidak Anda kenal, terutama lampiran yang mengandung file yang berakhiran dengan .exe, .pif, dan .vbs karena file tersebut pada umumnya dipakai dengan menggunakan virus.

Sebaiknya Anda memasang perangkat lunak anti-virus jika belum memilikinya. Ada banyak program efektif yang dapat dipilih, tetapi produk komersial yang paling umum digunakan termasuk McAfee†, Trend Micro, Sophos, Symantec dan F-Secure. Anda juga dapat memperoleh perlindungan anti-virus gratis dari Microsoft Security Essentials, Grisoft AVG Anti-Virus, Avira, Avast dan ClamWin.

Pengunduhan perangkat lunak †McAfee® hanya tersedia untuk pengguna PC.

Namun demikian, pastikan untuk mengunjungi situs aslinya karena ada banyak produk palsu yang mengaku mampu melindungi komputer Anda, tetapi sebaliknya malah menginfeksi virus.

Selalu perbarui perangkat lunak dan penjelajah web (browser) Anda

Virus akan lebih sulit menginfeksi perangkat lunak yang sudah diperbarui.

Para pembuat virus memanfaatkan bugs perangkat lunak untuk menginfeksi komputer. Perusahaan perangkat lunak memperbaiki bugs dengan pembaruan gratis yang dapat diunduh. Perangkat lunak terbaru akan memeriksa pembaruan secara otomatis. Sebaiknya Anda memasang pembaruan untuk perangkat lunak sesegera mungkin setelah tersedia.

Berhati-hatilah dengan email palsu yang berisi pembaruan palsu. Gunakan perangkat lunak pembaruan yang ada di dalam komputer Anda – jangan klik tautan di dalam email. Anda dapat memeriksa apakah komputer Windows Anda sudah diperbarui di Security Center pada Windows Vista dan di Action Center pada Windows 7 dan Windows 8.

Untuk memastkan bahwa Anda menggunakan perangkat lunak terbaru di Apple Mac, Anda dapat mengklik dari Menu Apple dan pilih Software Update.

Sama halnya dengan perangkat lunak komputer, program lain juga perlu diperbarui. Program yang digunakan untuk melihat situs web disebut dengan penjelajah web (browser). Penjelajah web (browser) modern akan memberi peringatan jika Anda mengunjungi situs web palsu dan menjadi lebih sulit untuk terkena infeksi virus. Sebaiknya Anda memasang penjelajah web (browser) yang sudah diperbarui. Ada beberapa penjelajah web (browser) yang dapat dipilih dan semuanya gratis.

Jika Anda telah memperbarui program/sistem komputer secara rutin, kemungkinan komputer Anda telah terpasang Microsoft Internet Explorer 11 (di PC Windows) atau Safari 7 (di Mac).

Pahami bagaimana para pelaku kejahatan menggunakan internet

Pelaku kejahatan menggunakan internet untuk mencari uang.

Ada banyak cara yang mereka gunakan untuk mendapatkan uang secara online. Mereka dapat:

  • Mencuri kata sandi dan data bank Anda dengan menggunakan virus, email palsu, dan situs web palsu
  • Meminta Anda untuk memberikan data keamanan
  • Mengirim spam dengan penawaran dan produk palsu
  • Mengambilalih kendali komputer Anda dan menggunakannya untuk menyerang komputer orang lain
  • Menggunakan virus untuk menampilkan iklan yang tidak diinginkan di PC Anda

Kami menangani keamanan dan privasi perbankan Anda dengan sangat serius.

Perlindungan diri dan uang Anda memerlukan sedikit pengetahuan dan perangkat lunak yang tepat.

Hindari kejahatan dan penipuan secara online.

Jika memang terlalu indah untuk menjadi nyata, mungkin memang ada yang salah.

Ketika melindungi diri dan uang Anda di internet, berhati-hatilah dengan penawaran yang tidak masuk akal.

Pelaku kejahatan mungkin menghubungi Anda melalui email, situs yang Anda gunakan, via SMS, atau bahkan melalui telepon. Anda harus waspada karena mereka dapat begitu sangat meyakinkan.

Berikut ini beberapa tanda peringatan:

  • Janji yang muluk. "Anda telah memenangkan undian"
  • Ancaman besar. "Akun Anda telah diretas"
  • Dorongan palsu untuk segera bertindak. "Bertindak sekarang atau akan terlambat"
  • Kerahasiaan yang tidak perlu. "Jangan memberitahukan siapa pun"
  • Tidak alasan bagi mereka untuk menghubungi Anda. Apakah Anda pernah membeli tiket undian?
  • "Peluang usaha" yang melibatkan penyimpanan atau penerimaan uang untuk orang yang tidak dikenal

Jika lampiran terlihat mencurigakan, jangan dibuka. Jangan memasang perangkat lunak kecuali berasal dari situs web yang terpercaya. Jika mencurigakan, jangan terburu-buru mengambil keputusan.

Jika mencurigai adanya masalah pada internet banking pribadi atau bisnis Anda, hubungi kami terlebih dahulu.

Jaga keamanan kata sandi dan informasi pribadi Anda

Penipu menggunakan informasi pribadi dari beberapa sumber untuk mencuri identitas orang lain.

Virus merupakan salah satu cara untuk melakukan hal tersebut. Tetapi mereka juga menggunakan dokumen kertas yang berisi data pribadi, seperti tanda terima dan laporan bank.

Penipu menggunakan banyak metode seperti pencarian di tempat sampah untuk memperoleh dokumen ini.

Anda harus melakukan tindakan pencegahan sederhana untuk menjaga keamanan data dan membuang dokumen ini dengan aman, seperti menghancurkan dokumen sebelum membuangnya.

Anda mungkin juga ingin beralih menggunakan laporan online.

Kata sandi internet banking HSBCnet Anda, beserta dengan mandat internet banking lainnya, memberikan akses ke rekening bank Anda.Ketika membuat kata sandi, ingatlah beberapa hal berikut:

  • Jangan memberitahukan kepada yang lain: Tidak seorang pun di HSBC yang akan meminta kata sandi internet banking Anda
  • Buatlah kata sandi yang sulit ditebak
  • Jadikan bervariasi: Berusaha menggunakan kata sandi yang lain untuk layanan berbeda
  • Ubah kata sandi secara rutin
  • Jangan pernah menulis kata sandi

Jangan memberitahukan informasi pribadi secara online

Periksa ulang pengaturan privasi pada situs jejaring sosial.

Siapa nama gadis ibu Anda? Apa nama sekolah pertama Anda? Apa mata pelajaran kesukaan Anda di sekolah? Alamat tempat tinggal Anda? Tanggal lahir? Nomor telepon?

Semua informasi ini berguna bagi orang-orang yang ingin mencuri identitas Anda atau ingin membobol internet banking pribadi Anda.Anda tidak akan memberikan informasi ini kepada orang asing di jalan tetapi jika menggunakan situs jejaring sosial, sepert Facebook, Twitter atau MySpace, Anda dapat membagikan data pribadi secara berlebihan.

Anda mungkin perlu mempertimbangkannya secara hati-hati mengenai informasi yang Anda tulis di profil pada situs-situs semacam itu. Sebaiknya Anda memeriksa pengaturan privasi di setiap situs yang digunakan, untuk memastikan bahwa Anda hanya membagikan informasi pribadi kepada orang-orang yang Anda percaya.

Perlu diingat bahwa Anda harus melakukan semua tindakan pencegahan yang seharusnya untuk menjaga keamanan data pribadi Anda dan mencegah penggunaan yang tidak sah terhadap detail kartu dan keamanan. Jika ada informasi yang menjadi bagian dari data keamanan, Anda harus memastikan untuk tidak mengungkapkannya kepada orang lain – lihat syarat dan ketentuan rekening yang berlaku untuk keterangan lebih lanjut.

Amankan jaringan nirkabel Anda

Jaringan nirkabel membuat komputer Anda tersambung dengan internet tanpa harus menggunakan kabel. Jaringan ini biasanya memiliki router nirkabel, yang menggunakan sinyal radio untuk mentransfer data ke komputer di dalam jaringan. Beberapa router nirkabel disertai dengan pengaturan awal yang sangat tidak aman untuk membantu pengguna tersambung untuk pertama kalinya – tetapi hal ini juga berarti orang lain dapat mengakses akun internet Anda dengan sangat mudah. Karena alasan ini, Anda harus selalu membaca panduan atau petunjuk online untuk mengetahui cara tersambung ke internet secara lebih aman melalui jaringan nirkabel – biasanya dengan membuat kata sandi.

Lindungi perangkat seluler dan tablet Anda

Perangkat seluler dan tablet Anda mungkin berisi banyak informasi pribadi – jagalah dengan baik. Bahkan Anda mungkin menggunakannya untuk internet banking, mengunduh aplikasi seluler, dan belanja online.

Contohnya, pelaku kejahatan dapat mengirimkan Anda email yang seakan-akan berasal dari kami dan mungkin berisi tautan ke situs web yang terlihat seperti ini. Ketika Anda berusaha untuk masuk, mereka mencuri kata sandi Anda. Mereka juga dapat meminta Anda melakukan panggilan telepon atau membalas melalui email.

Anda mungkin perlu mempertimbangkan tentang:

    Pengaturan dan penggunaan kode PIN keamanan
  • Menyesuaikan pengaturan ponsel sehingga terkunci secara otomatis jika Anda tidak menggunakannya selama lima atau sepuluh menit
  • Tidak menyimpan kata sandi atau informasi penting lainnya di ponsel dengan cara yang dapat dimengerti oleh orang lain
  • Tidak menyimpan nomor telepon dan alamat rumah dengan label 'home' di daftar kontak (Anda tidak ingin pencuri mengetahui alamat Anda dan memeriksa keberadaan Anda di rumah)
  • Jangan menggunakan ponsel Apple® iPhone® yang telah dibuka kuncinya (jailbroken), ponsel Android™ yang diubah sistemnya (rooted) atau perangkat seluler lain yang telah mengalami jailbroken atau rooted. Hal ini karena proses jailbroken dan rooted menghapus fitur keamanan yang penting
  • Waspadalah terhadap penipuan melalui pesan suara dan pesan teks. Mengeklik tautan di dalam pesan teks dapat berisiko - berhati-hatilah
  • Pelaku kejahatan mungkin juga membuat aplikasi seluler palsu yang seakan-akan mirip dengan aplikasi kami sehingga ketika Anda berusaha untuk masuk, mereka dapat mencuri kata sandi Anda. Pastikan aplikasi seluler diunduh dari toko aplikasi tepercaya.
  • Hanya memasang aplikasi pada perangkat Anda dari toko aplikasi tepercaya, misalnya App Store® dan Google Play
  • Jika kehilangan ponsel, segera laporkan kepada penyedia ponsel Anda. Catat nomor IMEI ponsel Anda (tekan *#06# untuk mendapatkannya). Hal ini akan mempermudah perusahaan ponsel Anda untuk menonaktifkan ponsel yang dicuri.

Pengelolaan secara offline

  • Tinjau laporan kartu kredit dan bank Anda apakah ada transaksi atau penarikan yang tidak wajar dan segera memberitahukan kepada bank jika Anda mencurigai adanya ketidaksesuaian
  • Beri tahu kepada kami mengenai setiap perubahan dalam data pribadi Anda (misalnya, perubahan alamat)
  • Jaga keamanan catatan kertas Anda. Simpan dokumen bank Anda di tempat yang aman. Selalu hancurkan dokumen tersebut ketika sudah tidak lagi diperlukan.
  • Jika Anda berencana untuk membatalkan kartu kredit/bank (atau sudah tidak lagi berlaku), segera hancurkan kartu dengan memotongnya menjadi dua melewati nomor rekening dan strip magnetik

Bagaimana HSBC melindungi Anda secara online

  • Kami senantiasa meninjau cara kami dalam membantu dan mendukung Anda. Pendekatan proaktif kami mencakup bertemu dengan beberapa pakar keamanan terkemuka dunia untuk membahas masalah utama dan mengadakan inisiatif bersama untuk meningkatkan keamanan online Anda.
    Kami melindungi Anda dengan:
    • Memastikan bahwa transaksi online Anda dilakukan secara aman.Kami menggunakan teknologi dan praktik keamanan berstandar industri untuk melindungi rekening Anda dari akses yang tidak sah.
    • Gunakan login dan kata sandi untuk memastikan bahwa kami sedang melayani Anda. Akses online pada rekening Anda hanya dapat dilakukan setelah Anda diotentikasi menggunakan ID Internet Banking dan detail keamanan yang benar.
    • Menggunakan Two Factor Authentication untuk memberikan lapisan perlindungan tambahan. Secure Key atau Security Device merupakan perangkat Two Factor Authentication yang akan membantu melindungi Anda dari penipuan internet banking. Teknologi ini dirancang untuk memastikan bahwa hanya Anda yang dapat mengakses informasi pribadi Anda.
    • Perangkat seperti ini pada umumnya digunakan untuk melakukan transaksi yang aman di seluruh dunia. Dengan teknologi ini, Anda dapat menikmati layanan perbankan secara online yang jauh lebih aman, dan perangkat ini merupakan alat paling kecil dan paling sederhana penggunaannya. Two Factor Authentication berarti Anda tidak hanya memerlukan kata sandi atau PIN, tetapi juga membutuhkan perangkat yang khusus bagi Anda.
    • Sesi online yang aman. Ketika Anda masuk ke dalam internet banking, bisa dikatakan Anda berada di dalam sesi yang aman. Anda tahu bahwa sesi tersebut aman jika alamat URL dimulai dengan https:// dan simbol gembok muncul di bagian atas halaman sebagai bagian dari alamat web.
    • Pengunaan enkripsi. Ketika Anda masuk ke dalam internet banking, tergantung pada pengaturan penjelajah web (browser), pop-up window akan muncul untuk memberitahukan bahwa Anda akan memasuki halaman aman. Kami menggunakan enkripsi SSL 128-bit, yang diterima sebagai standar industri.
    • Keluar secara otomatis (session timeouts). Jika Anda lupa keluar (log off) setelah melakukan aktivitas perbankan secara online atau jika komputer Anda tidak aktif selama beberapa waktu, sistem kami akan mengeluarkan Anda secara otomatis.
    • Penguncian secara otomatis. Setelah beberapa percobaan masuk yang gagal, kami akan menonaktifkan akses online ke rekening Anda. Untuk mengaktifkan kembali rekening, Anda harus menghubungi nomor helpdesk yang biasa Anda gunakan.

Hubungi kami

Pertanyaan dan saran

1500237

atau

+62 21 25514777

(dari luar negeri)

Meminta panggilan balik

Kami menganggap semua pertanyaan nasabah itu penting. Dengan memberikan detail tentang minat bisnis Anda, kami dapat mengarahkan pertanyaan Anda ke anggota tim kami yang paling berkompeten untuk menjawabnya.

Mohon tidak memasukkan informasi rahasia seperti detail rekening bank Anda.
Semua isian harus dilengkapi kecuali dinyatakan bersifat opsional.

  1. 01 Current Step 01
  2. 02 Step 02

Alasan mengontak kami

Masukkan topik
Masukkan topik

Rincian kontak

Masukkan nama Anda
Masukkan nomor telepon Anda

Kapan kami dapat menghubungi Anda?

Pilihan waktu di siang hari

Kami akan menghubungi Anda dalam waktu tiga hari kerja ke depan.

Kembali

Meminta panggilan balik - minat bisnis Anda (opsional)

Kami menganggap semua pertanyaan nasabah itu penting. Dengan memberikan detail tentang minat bisnis Anda, kami dapat mengarahkan pertanyaan Anda ke anggota tim kami yang paling berkompeten untuk menjawabnya.

Mohon tidak memasukkan informasi rahasia seperti detail rekening bank Anda.
Semua isian harus dilengkapi kecuali dinyatakan bersifat opsional.

  1. 01 Completed Step 01
  2. 02 Current Step 02

Skala Perusahaan (opsional)

Transaksi bisnis Anda

Sektor industri Anda (opsional)

Pasar yang Anda minati (opsional)

Pasar internasional mana yang menarik perhatian Anda?

RTCAddBusinessInterests

Mohon tidak memasukkan informasi rahasia seperti detail rekening bank Anda.
Semua isian harus dilengkapi kecuali dinyatakan bersifat opsional.

Business size

Transaksi bisnis Anda

Sektor industri Anda

Pasar yang Anda minati

Pasar internasional mana yang menarik perhatian Anda?

Meminta panggilan balik

  • Maaf

Kami mengalami masalah

Kami tidak dapat mengirimkan pesan Anda. Mohon coba lagi, kembali lagi nanti, atau hubungi kami di

Meminta panggilan balik

  • Terima kasih

Kami akan menghubungi Anda

Relationship Manager HSBC Indonesia akan menghubungi Anda dalam waktu tiga hari kerja.

Minat Anda

  • Nama Perusahaan:
  • Transaksi:
  • Sektor:
  • Lokasi:
  • Pasar internasional:

RTCAddBusinessInterests

Kami tidak akan menjual atau menyalahgunakan data Anda. Baca cara kami menangani detail Anda dalam kebijakan cookie.

Anda meninggalkan situs HSBC CMB.

Perlu diketahui bahwa kebijakan situs eksternal berbeda dari syarat dan ketentuan situs serta kebijakan privasi kami. Situs berikutnya akan terbuka di jendela peramban atau bilah baru.

Anda meninggalkan situs HSBC CMB.

Perlu diketahui bahwa kebijakan situs eksternal berbeda dari syarat dan ketentuan situs serta kebijakan privasi kami. Situs berikutnya akan terbuka di jendela peramban atau bilah baru.