Panduan NegaraBangladesh

Investasi langsung luar negeri (FDI) di Bangladesh mencapai USD1,7 miliar selama sembilan bulan pertama pada tahun 2015; hal ini menunjukkan kenaikan 47 persen di periode yang sama pada tahun 2014.

Bangladesh berada di posisi 174 dalam peringkat Kemudahan Berbisnis tahun 2016 yang dinilai oleh Bank Dunia, turun dua tingkat dari peringkat 172 pada tahun sebelumnya. Meskipun ada sedikit penurunan dalam posisi negara ini, peringkat tersebut mengakui bahwa Bangladesh telah meringankan pembayaran pajak bagi perusahaan dengan mengurangi tarif pajak penghasilan perusahaan. Reformasi ini berlaku di Chittagong dan Dhaka.
Fakta utama tentang memulai bisnis di Bangladesh:

  • Diperlukan sembilan prosedur dan waktu sekitar 19,5 hari untuk memulai bisnis baru di Bangladesh; proses ini dijelaskan secara terperinci di bab <Berbisnis di>
  • Visa bisnis dapat diperoleh untuk jangka waktu maksimum selama enam bulan; peraturan ketenagakerjaan dibahas secara terperinci di bab <Tenaga Kerja>
  • Diperlukan waktu sekitar 105 hari dan biaya BDT30.000 untuk memperoleh izin proyek dan izin mendirikan bangunan
  • Meskipun hanya diwajibkan untuk perusahaan dan lembaga keuangan yang tercatat di bursa, sebagian besar perusahaan mengikuti Standar Pelaporan Keuangan Bangladesh (BFRS) dan Standar Akuntansi Bangladesh (BAS); detail lebih lanjut dapat ditemukan di bab <Audit>
  • Perusahaan yang ingin tercatat di Bursa Saham Dhaka harus sudah beroperasi secara komersial selama setidaknya lima tahun sebelum pengajuan; hal ini dibahas lebih lanjut di bab <Keuangan>

Daya tarik Bangladesh sebagai lokasi investasi dapat dikaitkan dengan sejumlah faktor, termasuk perundang-undangan yang memudahkan usaha, pasar dalam negeri yang berkembang, dan tenaga kerja muda yang murah. Sekalipun demikian, untuk mengambil keputusan yang tepat, sangat penting untuk memahami perbedaan aturan setempat. Cara yang dilakukan orang dalam menjalankan bisnis di Bangladesh mungkin berbeda dengan negara asal investor. Selain itu, variasi mengenai perbedaan tersebut dapat muncul tergantung pada daerah dan industri tempat perusahaan beroperasi.

Bahasa resmi Bangladesh adalah bahasa Bangla, juga dikenal sebagai bahasa Bengali. Bahasa Urdu dan Inggris juga digunakan, dan bahasa Inggris digunakan secara luas dalam korespondensi bisnis. Hierarki sangat penting dalam masyarakat Bangladesh dan hal ini tercermin dalam budaya bisnis. Pakaian bisnis bersifat konservatif.

Ketepatan waktu dianjurkan ketika menjalankan bisnis di Bangladesh. Berjabatan tangan merupakan sapaan bisnis yang umum. Kartu usaha biasanya akan saling dipertukarkan pada pertemuan pertama dan harus diberikan dengan tangan kanan.
Investor yang ingin mendirikan usaha di Bangladesh mungkin mempertimbangkan Asia sebagai pilihan alternatif. Meskipun demikian, Bangladesh dapat dibedakan pada beberapa faktor berikut:

  • Bangladesh memiliki tingkat pertumbuhan tahunan setidaknya 5,3 persen selama 16 tahun terakhir
  • Berlokasi strategis di antara pasar yang berkembang pesat di Asia Selatan dan Asia Tenggara
  • Bangladesh memiliki kebijakan FDI yang liberal, yang memperbolehkan 100 persen kepemilikan asing tanpa ada batasan transfer royalti atau repatriasi keuntungan; kebijakan perdagangan dibahas lebih lanjut di bab <Perdagangan>
  • Pemerintah menawarkan sejumlah insentif pajak, termasuk tarif tarif pembebasan yang bervariasi untuk usaha industri yang baru didirikan dan fasilitas infrastruktur fisik; aturan pajak diuraikan di bab <Pajak>
  • Rencana 20 tahun pemerintah saat ini untuk berinvestasi pada infrastruktur nasional memberikan peluang besar bagi investasi swasta; detail lebih lanjut dapat ditemukan di bab <Infrastruktur>

Meskipun Bangladesh menawarkan peluang investasi yang besar, terdapat sejumlah tantangan yang dihadapi perusahaan asing. Bangladesh memiliki peringkat yang rendah dalam Kemudahan Berbisnis Bank Dunia (174) dan dalam Indeks Persepsi Korupsi Transparency International (145). Hal ini dapat dikaitkan dengan kurangnya transparansi dan banyaknya birokrasi di seluruh lembaga negara.

Panduan ini telah disusun untuk menyediakan bisnis dengan gambaran umum Bangladesh, aturan <Hukum>, pertimbangan untuk memulai dan memasuki pasar, persyaratan pajak dan kepabeanan, serta ringkasan umum faktor-faktor yang mungkin memengaruhi keputusan untuk berbisnis di Bangladesh. Meskipun demikian, informasi yang terkandung di dalam dokumen ini bersifat umum dan jangan bertindak atau mengandalkan informasi tersebut tanpa mendapatkan saran profesional tertentu.

Tautan Bermanfaat

1

Kantor Pendaftaran Perusahaan

2

Dewan Pajak Nasional

3

Kepabeanan Bangladesh

4

Departemen Imigrasi dan Paspor

5

Departemen Paten, Desain, dan Merek Dagang

6

Komisi Informasi

7

Dewan Investasi

8

Kementerian Tenaga Kerja dan Ketenagakerjaan


Unduh Panduan untuk Negara (dalam Bahasa Inggris) - Bangladesh (1.4MB, PDF)

Klausul Pembebasan

Dokumen ini diterbitkan oleh Hongkong and Shanghai Banking Corporation Limited di Bangladesh (Bank). Panduan ini merupakan proyek bersama dengan Grant Thornton. Panduan ini tidak dimaksudkan sebagai penawaran atau ajakan berbisnis bagi siapa pun di yurisdiksi mana pun. Panduan ini tidak dimaksudkan untuk dibagikan kepada siapa pun yang  berada atau tinggal di yurisdiksi yang membatasi pembagian dokumen ini. Panduan tidak boleh disalin, digandakan, dikirimkan, atau dibagikan lebih lanjut oleh penerima. Informasi yang terkandung di dalam dokumen ini hanya bersifat umum. Informasi tidak bermaksud untuk bersifat menyeluruh dan tidak dianggap  sebagai saran keuangan, hukum, pajak atau profesional lainnya. Jangan hanya bertindak berdasarkan informasi yang terkandung di dalam dokumen ini tanpa mendapatkan saran profesional tertentu. Meskipun dokumen ini sudah disusun secara sangat hati-hati, Bank dan  Grant Thornton tidak memberikan garansi, pernyataan atau jaminan  (tersurat atau tersirat) terkait dengan akurasi atau kelengkapannya, dan  dalam keadaan apa pun, Bank atau Grant Thornton tidak akan bertanggung  jawab atas setiap kerugian yang disebabkan oleh penggunaan pendapat atau  pernyataan yang ada di dalam dokumen ini. Kecuali diindikasikan secara khusus, pernyataan pendapat merupakan milik Bank dan dapat berubah tanpa pemberitahuan. Materi yang dimuat di dalam dokumen ini disusun pada bulan Januari 2016  dan didasarkan pada hukum yang berlaku dan informasi yang tersedia pada  saat itu.

Grant Thornton mengacu pada merek yang di bawahnya perusahaan anggota  Grant Thornton memberikan layanan asuransi, pajak, dan konsultasi kepada  kliennya dan/atau mengacu pada salah satu atau beberapa perusahaan  anggota, tergantung pada konteksnya. Grant Thornton International Ltd (GTIL) dan perusahaan anggotanya bukan merupakan kemitraan global. GTIL dan setiap perusahaan anggotanya merupakan badan hukum terpisah. Layanan diberikan oleh perusahaan anggota. GTIL tidak memberikan layanan kepada klien. GTIL dan perusahaan anggotanya bukan merupakan agen, dan tidak  berkewajiban satu sama lain, serta tidak bertanggung jawab atas tindakan  atau kelalaian satu sama lain. Publikasi ini hanya disusun sebagai panduan. Tidak ada tanggung jawab yang ditanggung oleh GTIL atas kerugian yang  disebabkan perorangan yang bertindak atau tidak bertindak sebagai akibat  dari materi yang ada di dalam publikasi ini.

HSBC bertanggung jawab penuh atas terjemahan isi panduan ini. Dalam hal perbedaan atau ketidaksamaan antara versi bahasa Inggris dan  versi terjemahan Panduan ini, versi bahasa Inggris yang akan digunakan  dan diberlakukan.

Anda meninggalkan situs HSBC CMB.

Perlu diketahui bahwa kebijakan situs eksternal berbeda dari syarat dan ketentuan situs serta kebijakan privasi kami. Situs berikutnya akan terbuka di jendela peramban atau bilah baru.

Anda meninggalkan situs HSBC CMB.

Perlu diketahui bahwa kebijakan situs eksternal berbeda dari syarat dan ketentuan situs serta kebijakan privasi kami. Situs berikutnya akan terbuka di jendela peramban atau bilah baru.