Panduan NegaraArgentina

Argentina merupakan penerima arus masuk FDI terbesar keenam di Amerika Selatan; arus masuk FDI mencapai USD6,6 miliar pada tahun 2014.

Argentina berada di posisi 121 dalam peringkat Kemudahan Berbisnis tahun 2016 yang dinilai oleh Bank Dunia, turun empat tingkat dari peringkat 117 pada tahun sebelumnya. Peringkat terbaik Argentina adalah dalam kategori Penegakan Kontrak dan Perlindungan Investor Minoritas, yang masing-masing berada di peringkat 38 dan 49 di dunia. Peringkat terendah Argentina adalah dalam urusan Izin Mendirikan Bangunan dan Pembayaran Pajak, yang berada di peringkat 173dan 170 di dunia.

Fakta utama tentang memulai bisnis di Argentina:

  • Diperlukan 14 prosedur dan waktu sekitar 25 hari untuk memulai bisnis baru di Argentina; proses ini dijelaskan secara terperinci di bab Berbisnis
  • Pemrosesan untuk visa kerja permanen memerlukan biaya sebesar USD200; peraturan ketenagakerjaan dibahas lebih terperinci di bab Tenaga Kerja
  • Permohonan dan pemerolehan izin mendirikan bangunan memerlukan waktu sekitar 173 hari dan dengan biaya ARS3.923
  • Perusahaan terbuka wajib menyusun dan mengajukan laporannya dengan menggunakan Standar Pelaporan Keuangan Internasional (IFRS). Perusahaan swasta dapat menggunakan IFRS lengkap, IFRS untuk UKM atau standar akuntansi profesional setempat; detail lebih lanjut dapat ditemukan di bab Audit
  • Tidak terdapat persyaratan catatan perdagangan atau modal kerja minimum untuk perusahaan yang ingin mencatatkan surat berharganya di Bursa Efek Buenos Aires; hal ini dibahas lebih lanjut di bab Keuangan

Daya tarik Argentina sebagai lokasi investasi dapat dikaitkan dengan sejumlah faktor, termasuk tenaga kerja yang berkualifikasi tinggi dan cadangan mineral dan logam berharga yang besar. Sekalipun demikian, untuk mengambil keputusan yang tepat, sangat penting untuk memahami perbedaan aturan setempat. Cara yang dilakukan orang dalam menjalankan bisnis di Argentina mungkin berbeda dengan negara asal investor. Selain itu, variasi mengenai perbedaan tersebut dapat muncul tergantung pada daerah dan industri tempat perusahaan beroperasi.

Bahasa resmi Argentina adalah bahasa Spanyol, meskipun banyak bahasa lain yang digunakan, termasuk bahasa Inggris dan Italia. Bahasa Spanyol Argentina sangat dipengaruhi oleh bahasa Italia dan tidak sama dengan bahasa Spanyol yang digunakan di daerah lain di Amerika Selatan. Aturan berpakaian di tempat kerja pada umumnya konservatif namun elegan; Orang Argentina sangat menghargai penampilan yang baik. Berjabatan tangan merupakan sapaan bisnis yang umum. Ketepatan waktu sangat dianjurkan. Tidak diperlukan formalitas ketika saling bertukar kartu nama. Memberikan hadiah tidak diharapkan sebagai bagian interaksi bisnis.

Investor yang ingin mendirikan usaha di Argentina mungkin mempertimbangkan Amerika Selatan sebagai pilihan alternatif. Namun demikian, Argentina dapat dibedakan pada beberapa faktor berikut:

  • Argentina merupakan ekonomi terbesar ke-25 di dunia dan terbesar kedua di Amerika Latin
  • Argentina memiliki sumber daya alam yang melimpah; Argentina termasuk lima penghasil komoditas pertanian terbesar di dunia seperti kedelai dan jagung, serta memiliki deposit gas serpih (shale gas) terbesar ketiga dan deposit minyak serpih (shale oil) terbesar keempat di dunia
  • Menurut Bank Dunia, kualitas proses peradilan Argentina (12/18) memiliki peringkat yang jauh lebih tinggi daripada Rata-Rata Negara Amerika Latin dan Karibia (8,4/18)
  • Pemerintah memberikan insentif pajak untuk mendukung ekspor; aturan perpajakan diuraikan di bab Pajak
  • Argentina memiliki 21 bandara internasional, yang menawarkan penerbangan ke lebih dari 40 tujuan; detail lebih lanjut dapat ditemukan di bab Infrastruktur
  • Argentina merupakan anggota blok perdagangan MERCOSUR; dibahas lebih lanjut di bab Perdagangan

Meskipun terdapat peluang besar untuk berinvestasi di Argentina, masih terdapat sejumlah tantangan. Negara ini memiliki salah satu tingkat inflasi paling tinggi di dunia yang memberikan tantangan bagi lingkungan bisnis. Argentina juga memiliki kerumitan dalam batasan impor dan ekspor yang sulit dilalui bagi banyak usaha. Selain itu, pembatasan pengiriman mata uang asing terus menghambat investasi baru di negara tersebut.

Panduan ini telah disusun untuk menyediakan bisnis dengan gambaran umum Argentina, aturan hukum, pertimbangan untuk memulai dan memasuki pasar,  persyaratan pajak dan kepabeanan, serta ringkasan umum faktor-faktor yang mungkin memengaruhi keputusan untuk berbisnis di Argentina. Meskipun demikian, informasi yang terkandung di dalam dokumen ini  bersifat umum dan jangan bertindak atau mengandalkan informasi tersebut  tanpa mendapatkan saran profesional tertentu.

Tautan Bermanfaat

1 Pendaftaran Dagang Komersial
2 Administrasi Pajak Federal
3 Kantor Imigrasi Nasional
4 Lembaga Kekayaan Intelektual Nasional
5 Direktorat Perlindungan Data Pribadi Nasional
6 Investasi di Argentina
7 Kementerian Tenaga Kerja, Ketenagakerjaan dan Jaminan Sosial

 

Unduh Panduan untuk Negara (dalam Bahasa Inggris) - Argentina (3.52MB, PDF)

Klausul Pembebasan

Dokumen ini diterbitkan oleh HSBC Bank plc. (Bank). Panduan ini merupakan proyek bersama dengan Grant Thornton. Panduan ini tidak dimaksudkan sebagai penawaran atau ajakan berbisnis bagi siapa pun di yurisdiksi mana pun. Panduan ini tidak dimaksudkan untuk dibagikan kepada siapa pun yang  berada atau tinggal di yurisdiksi yang membatasi pembagian dokumen ini. Panduan ini tidak boleh disalin, digandakan, dikirimkan, atau dibagikan lebih lanjut oleh penerima. Informasi yang terkandung di dalam dokumen ini hanya bersifat umum. Informasi tidak bermaksud untuk bersifat menyeluruh dan tidak dianggap  sebagai saran keuangan, hukum, pajak atau profesional lainnya. Jangan hanya bertindak berdasarkan informasi yang terkandung di dalam dokumen ini tanpa mendapatkan saran profesional tertentu. Meskipun dokumen ini sudah disusun secara sangat hati-hati, Bank dan  Grant Thornton tidak memberikan garansi, pernyataan atau jaminan  (tersurat atau tersirat) terkait dengan akurasi atau kelengkapannya, dan  dalam keadaan apa pun, Bank atau Grant Thornton tidak akan bertanggung  jawab atas setiap kerugian yang disebabkan oleh penggunaan pendapat atau  pernyataan yang ada di dalam dokumen ini. Kecuali diindikasikan secara khusus, pernyataan pendapat merupakan milik Bank dan dapat berubah tanpa pemberitahuan. Materi yang dimuat di dalam dokumen ini disusun pada bulan Januari 2016  dan didasarkan pada hukum yang berlaku dan informasi yang tersedia pada  saat itu.

Grant Thornton mengacu pada merek yang di bawahnya perusahaan anggota  Grant Thornton memberikan layanan asuransi, pajak, dan konsultasi kepada  kliennya dan/atau mengacu pada salah satu atau beberapa perusahaan  anggota, tergantung pada konteksnya. Grant Thornton International Ltd (GTIL) dan perusahaan anggotanya bukan merupakan kemitraan global. GTIL dan setiap perusahaan anggotanya merupakan badan hukum terpisah. Layanan diberikan oleh perusahaan anggota. GTIL tidak memberikan layanan kepada klien. GTIL dan perusahaan anggotanya bukan merupakan agen, dan tidak  berkewajiban satu sama lain, serta tidak bertanggung jawab atas tindakan  atau kelalaian satu sama lain. Publikasi ini hanya disusun sebagai panduan. Tidak ada tanggung jawab yang ditanggung oleh GTIL atas kerugian yang  disebabkan perorangan yang bertindak atau tidak bertindak sebagai akibat  dari materi yang ada di dalam publikasi ini.

HSBC bertanggung jawab penuh atas terjemahan isi panduan ini. Dalam hal perbedaan atau ketidaksamaan antara versi bahasa Inggris dan  versi terjemahan Panduan ini, versi bahasa Inggris yang akan digunakan  dan diberlakukan.

Anda meninggalkan situs HSBC CMB.

Perlu diketahui bahwa kebijakan situs eksternal berbeda dari syarat dan ketentuan situs serta kebijakan privasi kami. Situs berikutnya akan terbuka di jendela peramban atau bilah baru.

Anda meninggalkan situs HSBC CMB.

Perlu diketahui bahwa kebijakan situs eksternal berbeda dari syarat dan ketentuan situs serta kebijakan privasi kami. Situs berikutnya akan terbuka di jendela peramban atau bilah baru.